Langsung ke konten utama

Agenda Kerja Pimpinan

Pengertian Agenda Kerja Pimpinan
Agenda kerja pimpinan merupakan bagian dari kegiatan keprotokolan yang mempunyai mengatur kegiatan - kegiatan kerja pimpinan dalam rangka menciptakan efisien dan efektif. Mengingat seorang pimpinan yang punya pekerjaan utama membuat keputusan yang terkait dengan manajemen penyelesaian pekerjaan manajemen.

Fungsi agenda kerja pimpinan 
Mengelola kegiatan kerja pimpinan agar membuat pimpinan dapat melaksanakan kegiatan - kegiatan rutin tanpa menghambat tugas penting yaitu membuat kebijaksanaan yang mengefektivitas manajemen organisasi kerja.

Agenda kerja pimpinan disusun oleh sekretaris pimpinan dengan cermat sehingga tidak menghambat aktivitas pimpinan yang harus dilaksanakan sesuai manajemen waktu secara optimal. Bentuk agenda adalah susunan kegiatan yang diurutkan menurut waktu pelaksanaan dan skala prioritas pekerjaan yang akan dilakukan pimpinan.

Sekretaris harus mampu membuat agenda kegiatan atau jadwal acara pimpinan agar jadwal acara benar-benar mendukung kegiatan pimpinan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  1. Menerima dan menghimpun surat atau informasi berkaitan dengan acara pimpinan,
  2. Menyusun jadwal acara kegiatan pimpinan yang bersifat harian, mingguan, bulanan,
  3. Memberikan jawaban secara tepat terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan jadwal kegiatan pimpinan,
  4. Mengingatkan pimpinan tentang setiap kegiatan pimpinan,
  5. Selalu mengikuti kemungkinan adanya perubahan acara atau kegiatan.


Kegiatan pimpinan secara umum dapat dijadwalkan oleh sekretaris melalui tiga jenis jadwal, yaitu :
  1. Jadwal acara harian,
  2. Jadwal acara mingguan,
  3. Jadwal acara bulanan.

Jadwal pimpinan harus diatur dan diperhitungkan secermat mungkin, mengingat pimpinan tidak mungkin menghadiri dan melaksanakan semua kegiatan. Untuk itu sekretaris pimpinan harus dapat mengatur kegiatan berdasarkan skala prioritas. Hal yang diprioritaskan untuk dilaksanakan oleh pimpinana didasarkan pada dua hal yaitu:
  1. Berdasarkan urutan waktu pelaksanaannya
Jadwal dibuat berdasarkan urutan waktu pelaksanaan serta jenis kegiatan yang herus dikerjakan atau dihadiri. Jika pada tanggal tertentu telah diisi dengan kegiatan lain, kegiatan yang baru datang akan diabaikan atau menunjuk pejabat lain yang dapat mewakili pimpinan.
  1. Contoh :
    Pada papan kegiatan telah tercantum jadwal kegiatan pimpinan untuk pembukaan penataran, kemudian surat masuk lain yang isinya tentang suatau kegiatan rapat dinas dengan Pemda, maka alternatif yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
      • Dapat membatalkan acara pembukaan penataran dengan menunjuk pejabat lain sebagai wakilnya. 
      • Pimpinan dapat tetap hadir pada pembukaan penataran, sementara kegiatan rapat dengan Pemda dapat diwakilkan kepada pejabat lain. 
      • Cara tersebut berlaku untuk semua kasus yang bersamaan waktu pelaksanaan kegiatannya.Berdasarkan tingkat kepentingan kegiatan yang harus dihadiri (tingkat urgensi)

    1. Berdasarkan tingkat kepentingan kegiatan yang harus dihadiri (tingkat urgensi) 
    Jadwal disususn berdasarkan waktu pelaksanaan terlebih dahulu. Dalam pelaksanaan kegiatan, pimpinan akan melakukan seleksi kembali. Seleksi dilakukan dengan cara hanya memenuhi permintaa yang menurutnya penting, sedangkan kegiatan yang tidak begitu penting kan ditinggalkan atau didelegasikan kepada pejabat lain.

    Contoh tabel agenda kerja pimpinan


    Contoh agenda kerja pimpinan


    AGENDA KEGIATAN PIMPINAN
    PT SURYA KENCANA
    Agenda Kegiatan Pimpinan
    No
    Hari/Tanggal
    Acara Kegiatan
    Jam
    Tempat
    Keterangan
    1
    Senin, 27 Februari 2012
    Meeting Antar Devisi
    08.00-09.00
    Ruang Serbaguna

    Menjenguk Bapak Ramli
    11.00-12.00
    RS Mitra Keluarga
    Makan siang di Restoran Indah
    Kembali ke Kantor
    13.30


    2
    Selasa, 28 Februari 2012
    Undangan
    14.00 s/d selesai
    Gedung Dirgantara

    3
    Rabu, 29 Februari 2012
    Presentasi pada acara Workshop
    10.00-16.00
    Ruang  Serbaguna
    Evaluasi Pencapaian Target Market periode Juli-Desember 2011. Dihadiri seluruh staf, devisi, dan sub devisi berjumlah 25 orang
    4
    Kamis, 1 Maret 2012
    Bertemu Ibu Leni Direktur PT CIPTA AGUNG dan makan siang
    08.00-11.00
    PT CIPTA AGUNG
    Menara Gading Rest
    Membicarakan perluasan usaha di Jakarta  ( di wakili sekretaris)
    Bapak Handoyo melaporkan hasil monitoring dan evaluasi cabang Jakarta
    08.30-10.00
    Ruang Pimpinan

    Rapat Direksi
    10.30-12.00
    Ruang Rapat di lantai 7
    Misi dan Visi Perjalanan Bisnis
    Konfirmasi ulang mengenai kunjungan ke kantor cabang di Surabaya dan memesan tiket pesawat Garuda Indonesia Airlines
    13.30

    Untuk Keberangkatan Minggu Pagi
    Menemui Bapak Surahman
    14.00-16.00
    PT Mutiara Indah Jl. Pal Merah No. 15 Kantor Bapak Surahman

    5
    Jum’at, 2 Maret 2012
    Pertemuan dengan Bapak Faris, Marketing PT KID Com
    10.00

    Kontrak Kerja Franchise
    ( di wakili sekretaris)
    Menyiapkan dokumen untuk ekspor ke Jepang
    -


    Menemui Bapak Kakanwil Peperindag
    10.00-11.30
    Kantor Peperindag

    Pertemuan dengan Ibu Setya Direktur PT CIPTA INDAH
    12.30
    PT CIPTA INDAH
    Jl. H M Thamrin No. V Jakarta Selatan
    Membicarakan kerja sama transportasi ke Bandara Halim Perdana Kusuma
    6
    Sabtu, 3 Maret 2012
    Menghadiri Undangan
    19.00
    Krakatau Ball Room Horison Hotel Jakarta
    Pesta Perkawinan Putri Bapak Ardi Martono



    Daftar pustaka
    https://bettynmawengku.blogspot.com 
    http://esulistyo.blogspot.co.id/2014/09/agenda-kerja-pimpinan-bagian-pertama.html
    http://evirusvianti.blogspot.co.id/2013/02/contoh-agenda-kegiatan-pimpinan-selama.html

    Komentar

    1. Online Casino Site | Lucky Club
      Our mission is to be the best online casino site, offering unique experiences This is not only the site for slots players but also for bingo players. Play luckyclub our online casino

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    2 Contoh Kasus Permasalahan Yang Bisa Terjadi Dalam Melaksanakan Perjalanan Dinas, Ini Solusinya!

    Perjalanan Dinas Perjalanan Dinas adalah perjalanan yang dilakukan oleh pimpinan / karyawan / pegawai perusahaan yang berkaitan dengan tugas pekerjaan kedinasan.  Dalam perjalanan dinas terkadang terdapat masalah yang tidak terduga, dua contoh kasusu yang bisa terjadi dalam perjalanan dinas yaitu: Kasus Pertama Pimpinan melaksanakan perjalanan dinas luar kota untuk kerjasama pembuatan produk seharusnya hanya 1 hari, tiba-tiba pihak yang ingin diajak kerjasama meminta untuk tambahan waktu agar bisa berdiskusi lebih lanjut.  Solusinya Pimpinan harus menambah waktu untuk tinggal di kota atau tempat tersebut dan memesan penginapan seperti hotel, pimpinan dapat menyuruh sekretaris untuk mencari hotel atau pimpinan bisa mencari hotel sendiri.  Penambahan waktu perjalanan dinas tersebut harus didukung dengan dokumen dan dokumentasi yang memadai (alasan diperlukannya tambahan waktu, penerbitan surat tugas tambahan, penerbitan SPD tambahan (jika perlu), dan dokumen lainnya

    Cara membuat sampul surat di Microsoft Word

    Sampul surat atau Amplop adalah sebuah bungkus dari surat atau benda yang dikirimkan per pos. Amplop sangat penting untuk perusahaan, tampilan amplop harus terlihat rapi karena mencerminkan citra desain sebuah perusahaan. Saya akan memberitahu kalian 2 cara membuat sampul surat atau amlop. CARA PERTAMA Buka microsoft word, klik mailings lalu pilih envelopes. Setelah itu akan ada tampilan envelopes and labels. Kolom delivery address diisi nama alamat dalam atau alamat yang dituju dan kolom return address diisi nama Perusahaan kita. Selanjutnya klik add to document. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini (Yes atau No) klik "Yes". Selanjutnya tinggal edit tata letaknya. Kop surat atau nama perusahaan kita bisa disebelah kiri ataupun di tengah. Lalu tambahkan garis di bawah kop surat, caranya: sama dengan (=) tiga kali lalu enter. Selesai. CARA KEDUA Buka microsoft word, klik page layout pilih page setup. Sela